Menteri Amran ; Wahai Generasi Muda Jadilah Bangsa Pemenang




Laporan 4 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK mengusung tema “Pembangunan Manusia menjadi Bangsa Pemenang”. Tema ini sesuai dengan terobosan Menteri pertanian Andi Amran Sulaiman dalam mencetak generasi muda pertanian yang milenial. Bahkan sudah dijadikan program rutin yang di emban oleh salah satu Eselon I Kementan yaitu Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Sebagai wujud cek dan ricek, Menteri Amran mengunjungi Balai Besar Pelatihan Pertanian yang ada di Lembang, Jawa Barat, Kamis (20/9/2018), sekaligus berdialog dengan mahasiswa dan siswa SMK Pertanian yang sedang melakukan pelatihan. Hadir Kepala Biro Perencanaan, Kasdi Subagyono dan jajaran pejabat lingkup Kementan.

Pada kunjungan ini, Menteri Amran mengungkapkan kepuasannya atas kerja keras Kementan seluruh jajaran kementan kepada Kepala Biro Perencanaan, Kasdi Subagyono yang telah berperan aktif dalam menyusun dan mengimplementasikan konsep pelatihan yang mampu meningkatkan kualitas SDM pertanian.

“Saya merasa puas dan senang dengan konsep pelatihan yang sudah ada, tinggal meningkatkan Konsep pelatihan dan output dari setiap balai agar bisa menghasilkan temuan dan teknologi baru sehingga dapat menjadi magnet bagi masyarakat umum,” ungkap Amran.

Dalam kesempatan itu Menteri Amran membeberkan kiat menjadi orang sukses dihadapan para siswa pelatihan dan mahasiswa serta masyarakat. Menurutnya, orang sukses itu bisa dilihat dari sisi karakter, sikap, passion, kreatif, tegas, disiplin dan mampu selesaikan masalah secara paripurna.

“Jangan pernah minder meskipun peranmu saat ini sebagai pelayan bahkan hanya sebagai pembawa tas bos, jalani dan lakukan secara sungguh sungguh,” karena kelak bisa jadi dengan karakter paripurna yang kamu bangun akan menjadi bos, bebernya.

selain itu kiat sukses ala Menteri Amran adalah membangun komunikasi yang baik dan taat aturan terhadap kitab sucinya masing masing serta bertindak sesuai dengan undang undang negara. Manusia ini diciptakan harus bisa menjadi agen perubahan, perubahan dalam dirinya sendiri maupun untuk lingkungannya. Kesalahan terbesar kita adalah ketika kita punya salah malah menyalahkan orang lain atau bahkan atasanya tanpa mengevaluasi diri masing masing,” tegasnya.

“Untuk menggapai kesuksesan itu harus ada passion spirit dan semangat yang luar biasa. Bahkan jadilah diri kalian yang mempunyai jiwa petarung,” pungkasnya.



Komentar