Kamis, 22 Januari 2015 - 11:27:18 WIB
Pemetaan Potensi Komoditas Pangan Untuk Kerjasama Internasional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 7435 kali

Jakarta – Telah berlangsung pertemuan mengenai Pemetaan Potensi Komoditas Pangan untuk Kerjasama Internasional pada hari Selasa tanggal 14 Januari 2015 bertempat di Ruang Rapat 332, Kementerian Pertanian, yang dihadiri oleh Unit Eselon 1 . Tujuan dari diadakannya pertemuan ini adalah membahas persiapan kegiatan pemetaan potensi komoditas pangan untuk kerjasama internasional. Dalam pelaksanaan program-program pembangunan pertanian yang berkelanjutan di Indonesia, peran aktif Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dalam memanfaatkan berbagai peluang Kerjasama luar negeri sangat diperlukan, sehingga hubungan kerja sama dengan berbagai lembaga dan negara donor perlu dioptimalkan sebagai alternatif sumber pendanaan.

Dalam mendukung program dimaksud perlu dilakukan pemetaan potensi komoditas pangan sebagai bahan dalam kerja sama internasional. Komoditas pangan yang dijadikan prioritas dalam pemetaan ini adalah padi, jagung, kedelai, gula dan daging sesuai dengan prioritas pembangunan pertanian Kabinet Kerja. Untuk itu diperlukan masukan dari unit Eselon 1 terkait, untuk mensukseskan pemetaan dimaksud. Kegiatan Pemetaan Potensi Komoditas Pangan untuk Kerjasama Internasional ini bertujuan untuk menggali potensi komoditas padi, jagung, kedelai, gula dan daging sebagai bahan dalam kerjasama internasional untuk mencapai swasembada pangan kelima komoditas tersebut.

Output yang akan dihasilkan dari kegiatan tersebut berupa buku Pemetaan Potensi Komoditas Pangan untuk Kerjasama Internasional. Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah masing-masing unit eselon 1 membuat ringkasan potensi komoditas atau kerjasama yang menjadi prioritas termasuk lokasinya untuk diusulkan dalam kegiatan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri serta kerjasama kepada lembaga donor atau negara mitra yang akan disampaikan secepatnya kepada Pusat Kerja Sama Luar Negeri.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)