Kamis, 20 Maret 2014 - 16:34:06 WIB
Pertemuan Ke-7 Working Group Agriculture, Agro-based Industry and Environment (WGAAE) IMT-GT
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Beasiswa - Dibaca: 1454 kali

Jakarta - Pertemuan ke-tujuh WGAAE Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangular (IMT-GT) yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2014 di Hotel Aryaduta Palembang secara garis besar akan mengangkat tema kerja sama IMT-GT sebagai pondasi dasar dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Pertemuan WGAAE akan dipimpin oleh Malaysia yang menjadi Chairman WGAAE untuk periode tahun 2013-2015. Pertemuan akan dihadiri oleh perwakilan Kementerian/ Lembaga dari Indonesia, Malaysia dan Thailand, perwakilan dari Centre for IMT-GT Subregional Cooperation (CIMT), dan sektor swasta yang tergabung ke dalam IMT-GT Joint Business Council (JBC), serta pemerintah daerah provinsi yang termasuk di dalam kawasan IMT-GT (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung). Pertemuan ini akan membahas tugas yang diberikan oleh SOM IMT-GT kepada WGAAE untuk merespon isu-isu terkait kenaikan harga pangan, krisis keuangan global dan ketahanan pangan di kawasan ketiga negara dengan menyoroti proyek-proyek yang terkait dengan ketahanan pangan untuk menjaga stabilitas, kemakmuran dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat di kawasan tersebut.

Proyek prioritas kerja sama yang akan dibahas antara lain, i). penguatan jaringan kerja IMT-GT pada bidang bioteknologi dan produksi ternak, ii). pengembangan pertanian ramah lingkungan, iii). promosi nilai tambah produk pertanian, perikanan dan aquakultur, dan iv). pelaksanaan pameran dan seminar IMT-GT sektor perikanan, sebagaimana tercantum di dalam IMT-GT Implementation Blueprint 2012-2016. Melalui pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan upaya-upaya bersama untuk memperkuat kerja sama yang signifikan dan dapat dilaksanakan sesuai dengan periode IMT-GT Implementation Blueprint 2012-2016 dan juga adanya peran aktif semua pihak terutama pihak swasta dari ketiga negara untuk dapat mewujudkan misi kerja sama IMT-GT yaitu mendorong terjadinya kolaborasi bisnis antar pelaku usaha yang dimotori oleh sektor swasta di kawasan IMT-GT.

 

Sumber: Pusat Kerja Sama Luar Negeri, Kementan RI



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)