Jumat, 24 Januari 2014 - 13:33:26 WIB
Indonesia Siap Bantu Pengembangan Padi di Sudan dan Kedelai di Madagascar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 935 kali

Kementan, Jakarta. Tanggal 20 Januari 2014, telah dilaksanakan rapat pembahasan persiapan pengembangan padi di Sudan dan kedelai di Madagascar. Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Timur Tengah dan Direktorat Afrika Kementerian Luar Negeri, BPPSDMP, Ditjen Tanaman Pangan, Badan Litbang Pertanian, Biro Perencanaan, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Keuangan dan Perlengkapan serta tenaga ahli padi dan kedelai yang telah melakukan penjajakan sebelumnya di Sudan dan Madagascar yaitu Prof. Karim Makarim, Dr. Budi Kartiwa, Prof Sudaryono dan Dr. Suharsono.

Fokus pembahasan pada pertemuan tersebut adalah pembahasan record of discussion yang rencananaya akan ditandatangani pada bulan Februari 2014 oleh Kepala Pusat Kerjasama Luar Negeri bersama pejabat di Kementerian Pertanian Sudan dan Madagascar. Record of discussion sangat penting untuk merealisasikan proyek-proyek kerja sama khususnya di sektor pertanian  karena membahas secara detail tentang hal-hal administratif maupun segala sesuatu yang perlu diatur dan dipersiapkan sebelum pelaksanaan kegiatan diantaranya adalah sarana produksi yang dibutuhkan seperti alat mesin pertanian, pupuk, benih, pestisida serta paket pelatihan bagi petani, penyuluh pertanian dan pegawai kementerian negara setempat.

Dengan dilaksanakannya kedua proyek ini diharapkan kerjasama bidang pertanian antara Indonesia dengan negara mitra terjalin semakin baik diharapkan kedepannya mampu menjadi upaya yang efektif untuk memasarkan alat dan mesin pertanian buatan Indonesia, serta ajang promosi tenaga ahli Indonesia di Sudan dan Madagascar. Dalam jangka panjang, kerjasama ini diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan baik di Indonesia maupun dalam skala global.  

 

Sumber : Bidang Bilateral, PKLN



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)