Kamis, 07 November 2013 - 12:13:05 WIB
Kunjungan Menteri Pertanian dan Kehutanan Laos, H.E. Sitaheng Rasphone ke Indonesia , 22-25 Juni 201
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 1153 kali

Jakarta – H.E Sitaheng Rasphone,  Menteri Pertanian dan Kehutanan Laos berkunjung ke Indonesia pada tanggal 22-25 Juni 2010. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari Kunjungan Menteri Pertanian RI ke Laos pada bulan April 2009. Delegasi Laos seluruhnya berjumlah 21 orang yang tediri dari pejabat Kementerian Pertanian dan Kehutanan Laos, pusat dan daerah serta pelaku usaha.

 

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk meningkatkan kerjasama Bilateral bidang pertanian antara lain dibidang pengembangan padi, tanaman karet dan pengolahannya, mekanisasi pertanian, peningkatan kemampuan petani dan petugas di sektor pertanian. Selain itu juga untuk mendorong kerjasama bisnis pelaku usaha Laos di bidang pertanian dengan pelaku usaha Indonesia.

 

Agenda utama dalam kunjungan ini adalah melakukan kunjungan kehormatan kepada Bapak Menteri Pertanian dan dilanjutkan dengan pertemuan Bilateral Pemerintah dengan Pemerintah dan Pelaku Usaha dengan Pelaku Usaha yang telah dilaksanakan secara paralel pada tanggal 24 Juni 2010.

 

Hal-hal yang dibahas diantaranya : Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian  terkait dengan pelatihan bagi petugas penyuluh pertanian dan tingkat petani, pengembangan sektor perkebunan khususnya pengembangan produksi dan pengolahan karet serta pertukaran informasi dan sumberdaya genetik Jatropha, pengembangan produksi tanaman pangan khususnya padi terutama dalam pengembangan benih, sistem distribusi benih dan investasi perbenihan serta kerjasama di bidang mekanisasi pertanian. Rencana kerjasama tersebut lebih lanjut akan dibahas secara mendalam pada tingkat pejabat teknis, yang waktunya akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

Kegiatan lain selama berada di Indonesia adalah mengunjungi Perkebunan Karet di Bandung Barat; PT. Rutan Jakarta; BALITPA Sukamandi; PT. Sang Hyang Seri (Persero) dan PT. Indofood.

 

Pada kesempatan pertemuan Bilateral, kedua Menteri Pertanian menyaksikan penandatanganan MOU usaha bidang alat mesin pertanian dan lain-lain  antar PT. Rutan dengan Ketua Kadin Laos.

 

Delegasi Laos akan meninggalkan Indonesia pada tanggal 26 Juni 2010.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)