Kamis, 07 November 2013 - 12:12:24 WIB
Menteri Pertanian RI Kunjungi Menteri Pertanian KSA, KADIN Nasional dan Integrated Dairy Farm Al-Sha
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 585 kali

Pada tanggal 13 Juni 2010, Menteri Pertanian RI, Ir. Suswono MMA didampingi Duta Besar RI Gatot Abdullah Mansyur mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertanian dan KADIN Nasional Arab Saudi di Riyadh. Menteri Pertanian juga didampingi beberapa pejabat tinggi antara lain anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar dan Viva Yoga Mauladi, Dirjen Pemasaran Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Zaenal Bachrudin Masduki dan Kepala Badan Penelitian & Pengembangan Gatot Soemardjo Irianto serta beberapa pejabat lain dari Jakarta, dan PF Ekonomi – PF Pensosbud KBRI Riyadh.
 
Dalam pertemuannya dengan Menteri Pertanian dan Kepala KADIN Arab Saudi, Menteri Pertanian RI menyampaikan terimakasih atas sambutan pihak tuan rumah yang begitu hangat, ramah serta bersahabat.Menteri juga menyampaikan harapan dan ajakan pihak Indonesia kepada pihak Arab Saudi guna melakukan investasi, khususnya sektor pertanian dan pengolahan pangan yang sekaligus untuk memperkuat ketahanan pangan Arab Saudi bahkan dunia. Indonesia tanahnya sangat subur, situasi aman kondusif sebagai tujuan utama investasi Arab Saudi.


Ditambahkan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini juga akan dan terus melakukan berbagai upaya yang kondusif guna menarik investasi ke Indonesia antara lain dengan mempermudah berbagai prosedur yang ada. Sementara ketersediaan lahan  juga sangat mendukung karena masih begitu luasnya lahan yang bisa digarap. Kegiatan investasi asing seperti para investor dari Arab Saudi ini juga akan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia yang saat ini ekonominya masih belum semuanya bagus/makmur.
 
Sedangkan Menteri Pertanian dan Kepala KADIN Nasional Arab Saudi menyampaikan pula keinginan pihaknya untuk terus menjajagi dan berupaya memprioritaskan program-program investasi khususnya bidang pertanian dan usaha budidaya tanaman pangan ke Indonesia. Pihak Arab Saudi mengetahui bahwa masih begitu luasnya lahan yang tersedia di Indonesia, cukup bersaingnya upah pekerja di Indonesia serta didorong juga keinginannya untuk memperkuat stabilitas dan ketahanan pangan negaranya. Menteri Pertanian dan Kepala KADIN Arab Saudi mengharapkan kiranya kedua pihak akan berupaya keras melakukan berbagai tindak lanjut atas pertemuan-pertemuan seperti ini untuk merealisasikannya, khususnya pihak KBRI dan Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta sebagai ujung tombak diplomasi serta hubungan bilateral antara kedua negara yang sangat erat.
 
Masih pada hari yang sama Menteri Pertanian RI dan Delegasi RI (termasuk diantaranya para pengusaha Indonesia yang bergabung kemudian), selanjutnya mengadakan kunjungan ke Integrated Dairy Farm Al-Shafi yang terletak di wilayah Kharj.  Kawasan Dairy Farm dan pengolahan produk susu sapi yang berjarak 102 km dari Riyadh ini merupakan suatu Integrated Dairy Farm terbesar di dunia (masuk Guinnes Book of Records). Farm ini menempati areal seluas 3,500 hektar persegi, dengan jumlah sapi mencapai lebih 24,000 ekor dengan lebih 1200 pekerja dengan operasi/ kegiatan yang dijalankan selama 24 jam nonstop.
 
Kawasan ini dilengkapi pula dengan berbagai sarana lengkap layaknya sebuah kota kecil, antara lain supermarket, layanan medis, sarana olah raga, dll. Keistimewaan lain nya bahwa Dairy Farm ini menyediakan sendiri semua sumber/ unsur dan alat produksinya, mulai dari penanaman rumput makanan sapi dan pengolahan makanan sapi, penangkaran / pembibitan sapi perah,pemerahan susu, sampai dengan pengemasan dan pemasaran hasil produk dari susu sapi (susu segar, laban, buttermilk, l-casei shirota, yoghurt, dll), bahkan masih ditambah  pula hasil produk berbahan baku buah-buahan (jus, selai, dsb) baik dengan campuran susu maupun hanya berupa jus buah-buahan.
 
Sedangkan pada malam harinya, Menteri Pertanian RI dan Delegasi RI menghadiri undangan kehormatan dari Menteri Pertanian Arab Saudi pada acara jamuan Makan Malam yang diselenggarakan di restoran Najd Village di Riyadh yang berlangsung meriah dan penuh rasa persahabatan yang erat.
 
(Sumber: KBRI-Riyadh/Kemlu RI Jakarta/ KLN/Setjen)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)