Kamis, 07 November 2013 - 12:11:05 WIB
Eksistensi Pasar Agribisnis Indonesia dalam event pameran Salon Internasional de I’
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 8238 kali

Rabat – Direktur Jenderal PPHP, DR. Zaenal Bachruddin  pada kesempatan kali ini turut hadir mewakili Menteri Pertanian RI Kemeterian Pertanian RI  menghadiri pembukaan pameran tahunan Salon Internasional de I’Agriculture au Maroc (SIAM 2010) tanggal 28 April – 2 Mei 2010 di Meknes – Maroko dibuka secara resmi oleh Raja Maroko Mohammad  Hasan VI.

 

Pada kesempatan ini Ditjen PPHP mengikutsertakan pelaku Agribisnis untuk mempromosikan produk pertanian pada Pameran dimaksud yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat dengan menyediakan booth seluas 30 m2.  Area pameran seluas 100.000 m2 dengan kapasitas stand seluas 65.000 m2, dapat menampung sebanyak 700 peserta dan 500.000 pengunjung.  Peserta dari internasional pada pameran tahun ini terdiri atas 34 negara.  Area pameran terbagi  menjadi 9 sektor yang disediakan bagi 16 pemerintah propinsi Maroko, sponsor dan institusi serta anjungan internasional.  Produk yang dipamerkan terdiri dari produk pertanian, alat dan mesin pertanian, hasil riset dan pengembangan pembangunan berkesinambungan dan pasar lelang produk peternakan.

 

Keikutsertaan Indonesia pada pameran SIAM Meknes 2010 tersebut merupakan yang pertama kali dengan menampilkan produk kopi, teh, buah-buahan, rempah, herbal,  veterinery medicine,  healthy drinks dan snacks. Peserta pelaku usaha swasta Indonesia yang berpartisipasi sebagai berikut:

 

  1. Mr. Safik Bakri
    CV. Damar Mustika Kencana  
    Produk : Cassiavera, Clove, Black Pepper, Gum Benyamin, Bohur
  2. Mr. Nedria Dahlan
    PT. Indonesia Global Spices  Long Pepper, Nutmeg, Gambir, Produk : Vanilla, Essential Oils
  3. Mrs. Darningsih
    PT. Cakrawala Optimus Explore  
    Produk : Coffee, Tea, Fruits, Organic Fertilizer
  4. Mrs. Iim Suhaemi
    CV. Purnama Raya 
    Produk : Snacks
  5. Mr. Thomas Hartono
    Omega Group 
    Produk : Herbal, Healthy Driiks, Bee Honey, Charcoal Briquettes
  6. Mrs. Dewi Nawang Palupi
    PT. Sanbe Farma 
    Produk : Veterinery Medicine

Penampilan paviliun Indonesia banyak menarik perhatian pengunjung untuk melihat atau ingin mencari berbagai produk yang ditampilkan yaitu herbal, rempah seperti kayu manis (cassiavera), jahe, temu lawak, clove,  black pepper, gum benyamin, produk kopi, teh dan healthy drink.

 

Pameran tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi dan industri antara penghasil dan pelaku bisnis pertanian terkait dan memberikan peluang yang lebih besar bagi produk pertanian Indonesia memasuki negara Maroko dan negara sekitarnya.  Berdasarkan hasil pengamatan pada pelaksanaan pameran tersebut, dengan koordinasi dan dukungan dari KBRI – Rabat kami mengusulkan agar kiranya Indonesia dapat berpartisipasi kembali pada pameran SIAM Meknes tahun depan dengan menampilkan produk-produk potensial lainnya. Kesempatan ini merupakan peluang pasar bagi agribisnis Indonesia dalam ekspansi peluang Salon Internasional de I’Agriculture au Maroc ekspor untuk wilayah kawasan Afrika sebagai gateway dalam perluasan pasar.

 

Sumber: (FHKP, DIT PI, PPHP, diolah Biro KLN/Setjen).



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)